Social Icons

Kamis, 03 November 2016

Cara Setting Modem MiFi BOLT 4G/LTE MF90 Di Mikrotik

Karena Modem MiFi BOLT 4G/LTE MF90 sudah built in WiFi akses point, di web GUInya tidak ada untuk disable WiFinya. Kalau saya hanya menyembunyikan nama WiFi / SSID di settingan modem BOLTnya di WiFi Setting > Basic Setting > Broadcast Network Name (SSID) set Disable.
Saya memanfaatkan port USB yang tersedia di MikroTik RB951Ui-2HnD, bisa diaplikasikan dengan type routerboard lainnya yang mempunyai port USB. Setelah anda colok Modem MiFi BOLT 4G/LTE MF90 di port USB routerboard Anda. Lihat pada menu  di winbox System > Resources > USB akan terlihat driver modem BOLT anda terdeteksi oleh mikrotik. Kemudian pada menu winbox Interfaces akan muncul 1 interface dengan nama “lte”. 
Yang anda lakukan hanya lah menjadikan mikrotik client DHCP dari modem MiFi BOLT anda, caranya masuk winbox klik menu IP > DHCP-Client > klik “+” > pada kolom “Interface” pilih “lte” kemudian klik OK. Pada menu IP > Addresses akan muncul IP address yang diberikan oleh modem bolt dan di IP > Routes akan muncul default gateway ke IP default Modem MiFi BOLT 4G/LTE MF90 yaitu 192.168.1.1. 
Test router mikrotik apa sudah bisa terkoneksi dengan internet menggunakan New Terminal dan test "ping detik.com"

Tidak ada komentar: